Sunday, July 29, 2007

Pasar Subuh Ramaikan WTC Serpong


Arin Widiyanti - detikfinance

Tangerang - Kawasan WTC Serpong Tangerang kini dimarakkan dengan kehadiran pasar subuh di areal itu. Keberadaan pasar ini dimaksudkan untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM) khususnya para pedagang kue dan jajanan pasar yang berada di kawasan Serpong dan sekitarnya.

"Pasar ini dimaksudkan untuk mengakomodir para pelaku usaha mikro untuk mendapatkan tempat usaha yang aman, nyaman, bersih serta mampu berkompetisi dengan pelaku usaha menengah ke atas," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di sela-sela peresmian pasar subuh, di WTC Serpong, Tangerang, Sabtu (14/7/2007)

Sekitar 50 usaha mikro yang berdagang di pasar subuh ini, sebelumnya telah diberikan pelatihan oleh Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (IPPKINDO).

Diharapkan UKM yang jumlahnya mencapai sekitar 40 juta ini dapat diakomodir dengan diberikan tempat untuk berdagang.

Pasar subuh di Serpong ini merupakan yang kedua setelah Depok. Diharapkan pasar di kawasan Serpong ini dapat memberikan dampak yang positif bagi pengusaha mikro serta pengelola pertokoan tersebut.

"Kegiatan perdagangan di pagi hari ini nantinya diharapkan dapat menjadi proyek percontohan bagi para pengusaha besar untuk menggandeng para pengusaha mikro dan bersinergi dengan program pemerintah untuk mengembangkan UKM," ujarnya.

Pasar subuh di kawasan Serpong merupakan pasar subuh kedua setelah Depok yang merupakan kerja sama antara Pusat Dagang Kecil dan Menengah (PDKM) Departemen Perdagangan dengan pengelola pertokoan modern.

Dengan pola kerjasama yang saling memberi manfaat, para pelaku usaha mikro dapat menggunakan pelataran parkir pertokoan untuk menjual kue dan jajanan pasar pada dini hari.

Sedangkan pengelola pertokoan menyediakan lokasi untuk berjualan dan sekaligus bertindak sebagai pengelola kegiatan perdagangan di pagi hari. (ddn/ddn)

No comments: