Sunday, July 29, 2007

Mendag: Citra Kumuh Pasar Tradisional Harus Dilepaskan

Arin Widiyanti - detikfinance

Aceh - Semakin besarnya ekspansi pasar modern, pasar tradisional dituntut mampu meningkatkan daya saing agar keberadaannya dapat tetap eksis. Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu meminta peningkatan daya saing tersebut harus dilakukan sebagai tuntutan masyarakat.

"Sebagai akibat pergeseran pola konsumsi dan peningkatan pendapatan. Kita harus berupaya melepaskan citra lama pasar tradisional yang dianggap sebagai pasar yang kotor, becek, kumuh dan semrawut," kata Mari saat pembukaan Pasar Lamboro di Aceh, Minggu (29/7/2007).

"Mengingat fungsi dan peran pasar tradisional yang strategis sebagai sarana distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat, serta peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja informal, maka pasar tradisional harus dikembangkan dan dipertahankan eksistensinya," tambah dia.

Mari berharap, pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengelola pasar, para pedagang pasar tradisional, serta masyarakat yang bertugas melakukan pembenahan pasar harus bersinergi untuk menghapus kesan negatif tersebut.

"Sehingga pasar tradisional bisa tetap eksis dan mampu meningkatkan daya saingnya," ujar Mari.

Menurutnya, berbagai kebijakan dan langkah pembinaan terus dilakukan oleh Departemen Perdagangan untuk memperbaiki citra pasar tradisional menjadi lebih baik, antara lain dengan melakukan pembinaan, revitalisasi serta renovasi pasar tradisional untuk menjadi pasar percontohan. (arn/nvt)

No comments: